Minggu, 01 September 2019

Benci

Assalaamu'alaykum!

Siapa nih, yang pernah atau sedang benci dengan sesuatu? Setiap orang pasti punya hal yang dibenci, ya. Begitupun denganku. Tapi pernah ngalamin gak sih, sesuatu yang kita benci itu malah makin dekat dengan kita? Nah, aku mau cerita soal kisah temanku yang pernah benci dengan seseorang tapi orang itu malah jadi gak bisa dihindari lagi.

Ada 2 teman yang mengalami hal yang bisa dibilang sama persis. Yang pertama sebut saja Mawar. Mawar pernah gak suka dengan seseorang karena menurutnya orang itu seram. Panggil dia John Doe. John Doe bukan orang asing, melainkan teman seangkatan. Malah Mawar pernah sekelas dengannya.


Singkat cerita, Mawar diterima di jurusan incarannya di sebuah universitas yang cukup terkenal di Indonesia. To my surprise, John Doe juga masuk universitas yang sama, dan di jurusan yang sama pula!
Untungnya Mawar termasuk orang yang cool, jadinya gak keliatan panik atau gimana. Atau memang udah gak benci?

Dislike
Credit: Pixabay

Waktu berjalan, sepertinya mereka on a good term sejak sejurusan. Karena mau gak mau harus ketemu kan, malah kadang harus kerja bareng. Terakhir kali ketemu mereka, John Doe datang ke nikahannya Mawar. Seneng lihatnya. Tapi merasa lucu juga waktu inget kalo dulunya Mawar gak suka sama John Doe ini.

Kawan yang satu lagi juga punya kisah yang serupa, meski alasan bencinya berbeda. Melati (bukan nama sebenarnya), kawan baikku, baru saja bertemu dengan Jane Doe-sebut saja begitu-suatu hari di kelasku. Jane Doe adalah teman sekelasku dari kelas 1 hingga 3 SMA.

Hari itu, seperti biasanya Melati mengunjungiku di kelas. Melihatku sedang berkutat dengan pelajaran, dia nimbrung. Kami terlibat diskusi soal pelajaran tersebut. Tak lama kemudian, Jane Doe ikut gabung juga. Melati merasa terganggu dengan Jane Doe yang menurutnya sok akrab. Jadinya Melati tiap ketemu Jane Doe bawaanya sewot aja.

Benci
Credit: Pixabay

Pas kuliah, mereka satu jurusan dan kampus juga dong, persis kayak Mawar dan John Doe. Kalo dilihat-lihat sepertinya hubungan mereka cukup baik sekarang ini. Mungkin karena dulunya belum terlalu kenal ya, jadinya kurang bisa menilai.

~~~

Benci atau gak suka dengan sesuatu atau seseorang itu gapapa banget menurutku. Itu hal yang manusiawi. Yang penting kebencian itu jangan sampai bikin kita dzalim sama yang kita benci. Doain yang jelek, misalnya. Atau bahkan punya niat mencelakakan. Apalagi kalau orang yang kita benci itu sebenernya gak salah apa-apa. Sekadar gak suka aja gitu. Entah sikapnya, cara bicaranya, atau apapun itu.

Kalau memang gak suka, daripada berbuat buruk, kenapa gak dijauhi aja? Terlalu membenci bisa memicu penyakit, lho. Kan suka denger ya, orang yang terlalu stress rentan terkena masalah kesehatan. Meski makanannya dijaga, olahraga teratur, tidur cukup, kalau di hatinya menyimpan dendam, lama kelamaan akan berdampak pada tubuh.

Jadi, jangan terlalu benci, ya? Sekadarnya saja. Semoga kita semua dapat mengontrol emosi dengan baik. Karena hidup sehat aja gak cukup. Harus diimbangi dengan pikiran yang tenang.

Sampai jumpa! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES