Sabtu, 15 Juli 2017

Akhirnya Dotcom Juga!

Bismillah.

Aku reload browserku berkali-kali. Berulang kali pula blog berlogo bangau kertas warna merah muncul di layar. Di address bar tertulis icajahe.com

Scroll ke bawah, aku temukan postingan berbahasa Inggris. 
"Kayak tulisanku tanggal 3 kemarin, ya", gumamku.
Jariku masih terus menyapu ke atas.
"Ini beneran blogku?"
Tibalah aku di insta feed. Nampak 9 gambar terakhir yang aku posting di Instagram.
"Iya nih, ini blog punyaku."
Lirik ke atas, alamatnya masih icajahe.com.
"Aku gak percaya kalau udah beneran dotcom..."

~~~
dotcom

Kemarin sore, teman-teman grup blogger ngomongin DA PA dan nofol-dofol. Aku jadi kepikiran lagi untuk beli domain. Udah lama pengen beli, tapi gak punya rekening sendiri. Mau minta izin beli domain pun agak bingung, harus gimana jelasinnya.

Setelah diskusi dengan mereka, akhirnya aku coba minta izin ke suami. Bilangnya mau beli alamat blog (bener 'kan, mau beli alamat?). Awalnya gak diizinin karena harganya diatas seratus ribu, tapi pas aku bilang per tahun, alhamdulillah langsung boleh. 😍

Baca juga: γŠι‡‘

Aku udah nentuin mau beli di mana. Aku pilih yang paling murah dari dua provider yang direkomendasikan temanku. Awalnya mau beli di tempat lain karena lagi ada promo, tapi ternyata udah telat 😭

Setelah beli domain, aku minta petunjuk pemasangan domain di blog lewat layanan live chat provider tadi, lalu mereka mengirimkan link tutorialnya. Agak sedikit kesulitan saat save changes. Gagal terus. Tapi lama-lama bisa juga.

Aku ketik alamat blog baruku di address bar. Muncul halaman yang udah gak asing lagi buatku. Aku reload, muncul lagi halaman yang sama. Ada kali, aku reload sampai lima kali. Masih gak percaya kalau udah dotcom, bahkan sampai pagi ini.

icajahe-dotcom

Maghrib beli domain, trus utak atik settingan malem-malem, sampai akhirnya bisa dipakai. Rasanya tuh wah banget. Lihat DA/PA 1/1, aku jadi semangat untuk mulai dari awal lagi.

Saat aku ragu untuk beli domain karena merasa belum produktif, Mak Prita bilang gini,

"Kalau mikirnya gitu terus, justru ga akan pernah memulai. Tapi kalau dimulai, we'll do it. Percaya deh.".

Dan memang itu yang aku rasain. Sebelum beli, merasa eman-eman (sayang) mau beli karena alasan belum produktif. Setelah beli, rasanya sayang untuk gak produktif. Meski belum bisa kayak Mak Annisast yang rutin posting blog 3 hari sepekan, tapi setidaknya ini bisa jadi langkah awal untuk lebih produktif lagi.


Aku sadar banget, tulisanku masih kaku dan belum human friendly. Tapi dengan sering menulis, aku berharap kemampuan menulisku bisa meningkat :)

Terima kasih buat Mak Pritahw yang udah cerewetin aku soal benefit TLD, buat Mak Diah Damarojat yang udah ngasih lihat betapa cantiknya kalau alamat blogku jadi dotcom, dan buat Mak-mak lainnya di grup Collaborative Blogging. Your support is my strength πŸ’ͺ

Dan special thanks buat suamiku yang udah bolehin beli domain. Je vous aime to the moon and back 😎

Blogmu sudah pakai TLD? Gimana sih ceritanya sampai kamu yakin mau beli domain? Sharing yuk! ^^

48 komentar:

  1. Saya masih pakai yang gratis aja mbak :D
    Selamat ya udah self-hosting ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum self-hosting mbak, masih nebeng blogger. Belum sanggup langganan hosting. :)

      Hapus
  2. Saya pengen dot com juga mbak..tapi masih galau..galau *halah*
    Selamaaat yaaa mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an segera dimantapkan hatinya ya, Mbak :D #eh
      Makasih, Mbak Indira :)

      Hapus
  3. Selamaaat mbaaak, akhirnya dotcom. Kan jadi keren gini yaaak, wkwkwkw eniwei salam kenal ya mbak ^_^

    BalasHapus
  4. selamat ya mbak, semoga makin semangat ngeblog

    BalasHapus
  5. Saya beli domain sejak 2 tahun lalu, Mbak Maria.
    jadi pas lebaran 2015, dan kemarin baru perpanjang.
    Itu juga dibilangin teman, kalau pakai domain pribadi, katanya lebih serius ngeblognya.
    Terus yang mau nawarin kerjasama lebih banyak hehehe (Padahal sampai sekarang saya juga bisa dihitung dengan jari hahaha...)
    Dan benar kata Mbak Maria. kan sudah beli domain, jadi kita harus semakin semangat menulis dan mengisi blog. Blog terisi, pengunjung ramai, job berdatangan hehehe.

    BalasHapus
  6. Salam kenal dan selamat bermigrasi ya mba.
    Dot com jd semangat buat konsisten nulis dan kita jd lebih jd manusia yg bertanggung jawab saking eman-emannya itu td udh kebeli domain kudu punya jadwal posting. Hehehe, sambil nasehatin diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, eman bgt kalau masih malas2an #tunjukdirisendiri

      Makasih, Mbak Yuni..
      Salam kenal juga ^^

      Hapus
  7. Selamat ya udah tld blognya. Aku juga baru beberapa bulan lalu migrasi ke dotcom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mak :)
      Alhamdulillah.. semoga makin semangat ngeblog ^^

      Hapus
  8. Yey.. asyik. Selamat ya mba... semoga tulisannya makin mengalir.. rezekinya juga makin lancar... selalu ada langkah pertama dan selanjutnya akan banyak hal mengikutinya.. :-)

    BalasHapus
  9. Selamaat mbak sudah tld. Saya juga mau belikan domain buat blog khusus food :D. bt salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, Mbak Ivonie :)
      Bagus tuh, Mbak, biar tambah semangat.. hehe
      Salam kenal juga ^^

      Hapus
  10. selamat ya mbak udah dotcom, makin produktif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mbak ^^
      Semoga makin produktif juga..

      Hapus
  11. Wah mba terima kasih buat tulisannya. Jadi memotivasi sayajuga untuk segera beli domain.doakan ya dalam waktu dekat ini. Oh ya, boleh minta rekomendasi tempat belinya ygmueah dan terpercaya dimana ? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak.. senang bisa membantu :)
      Saya kemarin beli di rumahweb.

      Hapus
  12. Kalo aku awalnya karena dapet hadiah dot my dot id haha. Tapi tahun berikutnya kok tergiur promo dot com, akhirnya pindah deh. Baru sekarang2 ngerasain beruntung juga punya udah punya domain sendiri :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan pakai dot com ya, Mak.. hehe :D
      Sudah lazim, orang jadi gampang hapalin URL blog kita..

      Hapus
  13. Pasti nulisnya jd ketagihan dan makin rajin deh kalo udh dot.com :). Dulu aku ubah k dot.com krn sakit ati ditolak masuk ke suatu komunitas traveling mba :p. Udh lama kejadiannya.. Dibilang blogku msh blm memenuhi syarat, cm ga dikasih tau syaratnya apa.. Sakit ati dong, pdhl yg aku tulis wkt itu msh bnyk travelingnya.. Akhirnya aku kontak salah satu web designer, mnta dia utk ubah total blogku, jadiin dot.com dan beli hosting sekalian. Aku akuin memang mahal wkt itu. Tahunannya jg lumayan. Tp krn aku gaptek soal bgituan, aku minta dia jg memonitor blogku, dan ttp bantuin kalo kenapa2, ingetin byr annual fee nya, bantu upgrade kalo memang versi terbaru kluar dll. Makanya jd mahal. Ku pikir gpp lah, demi blog. Jd akunya cm update tulisan aja. Skr, aku mah udh emoh gabung ama komunitas traveling itu :p. Dgr2 jg udh ga jalan :p. Enakan gabung dgn komunitas yg ramah kyk KEB :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga beneran jadi rajin.. hihi

      Andai dulunya gak terlalu strict dan mau ngasih tau kurangnya dimana, mungkin komunitas nya masih jalan sampai sekarang kali ya..

      Emang nyenengin banget kalau diterima dengan ramah seperti di KEB :)

      Hapus
  14. selamat ya mbak, keren blognya.. domainnya jg mudah diingat .

    salam kenal ya ^_^

    BalasHapus
  15. selamaat mbaaa...semoga tambah berkah yaaa

    BalasHapus
  16. Blog saya, dua-duanya udah jadi TLD. Semoga istiqamah dalam menulis blog ya

    BalasHapus
  17. Selamat ya mak untuk dotcom nya, semoga makin produktif dan berkah :*

    BalasHapus
  18. wow! selamat ya... moga makin sukses ngeblognya :)

    BalasHapus
  19. saya juga baru merubah domain dot com baru baru ini mba, rasanya seneng gimana gitu yaa ngelihatnya tapi gara-gara berubah dot com akun iklan adsense ku jadi tertunda. apapun itu semoga kita makin produktif menulis. Saya follow ya mba blognya jika berkenan folback yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, karena baru ganti alamat, butuh proses untuk mengembalikan jadi seperti biasanya.. terima kasih ya, Mbak.. nanti saya follow balik :)

      Hapus
  20. Seneng ya kalo blognya sudah dotcom. Berasa kayak blogger sejati. Padahal yang belum ditccom juga gak diragukan kesejatiannya hehehe. Dan memang banyak manfaatnya kalo kita udah pake domain sendiri. Minimal blog kita jadi kekihatan lebih profesional. Betul gak?

    BalasHapus
  21. Saya juga udah lama ngincer domain mba tapi survey harga terus wahahaa
    Mikirnya saya dulu juga gitu sih, tapi setelah liat ada blog gratisan dan dia tetep bisa menghasilkan yaa why not. Tapi walau begitu ya pastilah bakal beli domain cuma balik ke prinsip saya dr nulis buat nulis, alias dapet hasil dulu dr tulisan. Hahaha, tetep ujungnya harus produktif kan? Wahaaahaa..
    Mba, mungkin aku bakal wapri deh buat tanya2 haha

    BalasHapus
  22. Saya baru punya satu dotcom yang buat jualan, itu juga sempat maju mundur, eehh sama kayak mbak, pas cerita ke suami, suami mau juga bayarin :)
    Mungkin karena berfikirnya buat bisnis, Alhamdulillah..

    Kalo yang pribadi masih mikir-mikir dulu hehehe...Tapi suatu saat kayaknya harus deh, entah kapan...

    BalasHapus
  23. Waahh selamat yaa buat mba yg udah migrasi ke dotcom. Saya belum niy, mba. Masih nyari-nyari mau pilih yg mana. Mba bisa ngga kasih masukan mending pilih yg mana ya providernya?

    BalasHapus
  24. Waahh selamat yaa buat mba yg udah migrasi ke dotcom. Saya belum niy, mba. Masih nyari-nyari mau pilih yg mana. Mba bisa ngga kasih masukan mending pilih yg mana ya providernya?

    BalasHapus
  25. Selamat ya Mba.

    Saya masih belum melangkah aja nih utk beli domain. Baca artikel ini jadi pengen cepet2 ber-dotcom juga..

    BalasHapus
  26. Hai Mba, salam kenal😊. Saya jadi terinspirasi segera beralih dot com juga nih, selama ini selalu kepentok syarat lomba dengan TLD berbayar. Selamat ya Mba sudah lebih dulu dot com nya

    BalasHapus
  27. Selamat ya mba, senengnya punya dotcom lihat teman udah ke dotcom jadi kepengen tapi untuk saat ini kayanya belum. Insya Allah, akan ke dotcom juga

    BalasHapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES