Kamis, 12 Juli 2018

[Recook] Mangut Ikan Asap

Disclaimer: ini bukan postingan berbayar.

Assalaamu'alaykum!

Udah 2 bulan gak nulis recook. Mager semager-magernya. Bener-bener lagi gak pengen ngoprek di dapur. Niat mau ngisi blog minimal sebulan sekali jadi gagal deh, kalo moody gini.


Sebentar lagi domain .com ku sudah mau expired. Ga kerasa udah mau setahun. Sudah transfer dan konfirmasi, tapi masih harap-harap cemas, takut gak masuk padahal saldo udah kepotong.

Sebenernya agak galau, mau lanjut pake domain berbayar atau kembali ke gratisan, mengingat tahun pertama pakai domain berbayar ternyata gak bikin termotivasi (no, itu mah akunya aja yang males).

Kalau dilepas, blog lain yg aku komentari dengan dengan blog ini kemungkinan akan kena broken link. Tapi pada akhirnya aku perpanjang, sih. Sayang, sih, udah TLD trus balik ke gratisan. Lagipula buat branding juga kan.

Oke deh. Lanjut.

Kali ini aku mau sharing soal Mangut Ikan Asap. Mangut itu apa sih?

Menurut DetikFood, Mangut adalah gulai pedas bernuansa Jawa. Dan memang benar sih, di hampir setiap resep Mangut yang aku temukan, rata-rata memakai cabai.

Mangut biasanya berbahan dasar ikan, terutama ikan asap. Belum pernah nemu Mangut dengan bahan dasar lain. 😁

Ngomong-ngomong soal ikan asap, aku selalu dapat beberapa potong ikan asap setiap kali iparku mudik. Dan kayaknya selama ini selalu kubuat jadi mangut. Alhamdulillah gak pernah bosen. Malah ngangenin. Aroma asapnya menggoda dan bikin lahap.

Baca juga: Balado Tuna Tempe

Pertama kali makan Mangut itu kalau gak salah waktu pertama kali dibawain ikan asap setelah nikah. Waktu itu kakak iparku habis masak Mangut. Akhirnya nyari-resepnya dan coba buat sendiri deh. Tiap tahun pake resep yang berbeda karena tiap mau masak resepnya ilang 😂
Tahun ini pake resep dari blog Catatan Nina.

Kali ini resepnya gak aku tulis, ya. Soalnya mau posting ini pun baru kebayang setelah mangutnya mateng dan aku gak inget berapa banyak bumbu yang aku pakai.

Yang pasti, bumbu-bumbu yang tertulis di resep yang aku recook aku ulek semua kecuali laos, daun salam, tomat, dan cabe rawit. Dan jumlah bumbu yang aku gunakan lebih sedikit. Santannya pun pakai 2 bungkus santan instan kemasan segitiga. Aku juga nambahin bawang putih dan kunyit. Maknyus!

Supaya jadi banyak dan bisa buat 2 hari, aku tambahin tahu coklat dan kerupuk kulit atau rambak. Bisa juga pakai tempe, dan aku yakin pasti sedap. 👍


Mangutnya aku sajikan dengan ketupat. Mantap, deh. Ketupatnya pakai Pat Pat Ketupat Mini. Ini ketupat instan yang praktis banget. Cukup cuci bungkus plastiknya, rebus 60-90 menit, siap disajikan. Ketupatnya padat. Makan 5 bungkus berdua udah kenyang banget.

Pasti ada yang bertanya-tanya. Kok plastik direbus? Akupun awalnya ragu. Tapi pernah ada temanku yang ngeshare bahwa plastik yang digunakan adalah plastik food grade. Insyaallah aman. Tapi kalau kalian ragu, sebaiknya jangan dibeli. Beli yang pakai daun aja 😄


Ketupat ini ada rasa asin yang samar karena di komposisi tertulis beras dan garam. Walaupun dicuci sebentar sebelum pemasakan, rasanya tetep ada.

Ketupat instan ini kakakku yang beli. Niatnya supaya keluarga gak perlu beli ketupat lagi pas lebaran nanti. Ternyata gak ada yang berani bikin karena ragu soal rebus-merebus plastik. Jadinya aku bawa pulang aja untuk dimasak. 

Nasib lebaran di Klaten, gak ngerasain makan ketupat karena lebaran ketupat baru ada di hari keenam. Hari keenam udah balik lagi ke Bogor 😂 Makanya Pat Pat Ketupat Mini ini penyelamat banget deh, buat yang kangen ketupat.


Mangutnya gak ada yang difoto tersendiri. Sedang mager nyiapin makanan untuk pepotoan #ga niat zzzz jadinya begini aja ya. Semoga foto seadanya ini cukup menggugah selera. 😆

Buat yang minat Pat Pat Ketupat Mini, kemarin aku lihat ada di salah satu minimarket dengan harga kurang dari tiga puluh ribu rupiah. Kalau yang ini abis, kayaknya bakal beli lagi, nih. Kalau ikan asapnya mungkin bisa dicari di pasar. Yang aku masak sih oleh-oleh dari Semarang.

Oke. Segitu dulu. Semoga bermanfaat. Semoga jadi penasaran mau nyoba bikin juga. Share ke aku ya hasilnya ^^

See you!

1 komentar:

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES