Kamis, 12 April 2018

[Recook] Spaghetti Carbonara

Assalaamu'alaykum!

Bulan lalu gak posting apapun di blog. Bloger macam apah, hiks. Maret kemarin hectic nyelesain pesenan flanel (alhamdulillah) dan pulang kampung mendadak.

Pengen masak sesuatu yang agak beda tapi masih mager habis pulkam. Dan akhir-akhir ini memang jarang masak selain masak buat makan sehari-hari. Gak ada yang unik meski di otak udah banyak banget yang mau dieksekusi.

Hari ini aku mau bikin Spaghetti Carbonara pakai resep dari salah satu temanku (thanks a bunch!). Karena di resep cuma tertera bahan-bahan, jadinya aku improvisasi sendiri takarannya.

Spaghetti

Di resep ini gak pakai krim kental seperti resep-resep di internet, tapi pakai susu cair. Kejunya pun cheddar aja yang murah. Toppingnya cukup irisan sosis atau kornet bila suka. Bisa jadi salah satu alternatif sarapan mudah dan murah (meski gak semurah bubur ayam) 😁

SPAGHETTI CARBONARA
Resep by: Siti Rochmah R.

Bahan:

🍝 112 gr Spaghetti
🍝 ½ butir bawang bombay 
🍝 60 gr keju cheddar, parut
🍝Jamur kancing dan udang untuk topping (aku pakai 2 buah sosis ayam)
🍝 200 ml susu cair
🍝Oregano untuk taburan (gak pakai)
🍝 Minyak/margarin secukupnya untuk menumis bawang

Bumbu halus (improvisasi sendiri):
🍝 2 siung bawang putih
🍝 Beberapa butir lada

Note:
Temanku menggunakan bawang putih cincang, bukan bawang putih halus, dan gak pakai lada.

Cara membuat:

Cara-masak-spaghetti-carbonara

🍝 Tumis bawang putih cincang (aku: halus), bawang bombay, tumis sampai wangi.
🍝Masukkan jamur kancing dan udang (aku: sosis).
🍝Masukkan susu cair dan keju parut. Masak sampai kental.
🍝Taburkan sedikit oregano (aku: skip).
🍝Masukkan pasta yang sudah direbus. Aduk rata. Sajikan selagi hangat.

Taraaa!

spaghetti-saus-creamy

Not so appealing, yeah. Gak ada garnishnya. Tapi ini enak kok (kebiasaan, muji makanan sendiri 🤣)

Ini rasanya creamy gurih gitu. Gak ditambah garam pun harusnya udah enak. Tapi aku pake garam dikit, sih, buat bantu supaya lebih gampang ngalusin bawangnya.

Resep di atas bisa untuk 2-3 porsi. Beneran cocok banget deh buat sarapan. Masaknya juga cepet. Ngenyangin pula.

Aku sebelumnya gak begitu paham cara merebus spaghetti yang baik. Rebus ya rebus aja biasa. Kayak rebus mie. Ternyata ada cara khususnya, lho!

Seperti yang aku baca di website dbento, usahakan pakai panci yang cukup tinggi dan mengisi panci dengan air hingga terisi 3/4 nya. Didihkan air, saat hampir mendidih, beri garam agar spaghetti (dan pasta lainnya) terasa gurih. Setelah garam larut dan air mendidih, masukkan spaghettinya. Aduk setiap 2-3 menit. Masak sampai tingkat kematangannya sesuai selera. Segera angkat dan tiriskan setelah matang supaya gak lengket.

~~~

Ada yang punya resep spaghetti yang simple juga? Boleh, dong, sharing di kolom komentar ^^

Terima kasih. 😊

3 komentar:

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES