Minggu, 12 November 2017

[Recook] Omurice

Assalaamu'alaykum!

Udah tanggal 12 lagi, ya. Waktunya [Recook]!

Aku udah lama banget penasaran dengan resep yang satu ini. Aku sering lihat makanan ini di anime (film animasi) atau manga (komik). Kelihatan enak sekali.

Omurice (オムライス) atau Omelet Rice adalah kombinasi nasi goreng dan omelet. Makanan ini dikenal di Jepang, Korea, dan beberapa negara lainnya. Bumbu dan isiannya disesuaikan dengan kesukaan penduduk di masing-masing negara.

Recook-omelet-rice

Di Jepang sendiri, makanan ini termasuk dalam Youshoku atau Kuliner Barat yang "dijepangkan" (disesuaikan dengan selera orang Jepang).

Omurice ada 2 cara penyajian. Pertama, nasi goreng dibalut telur dadar tipis lalu dibentuk jadi seperti bola Rugby, kemudian dihias dengan saus tomat.

Kedua, nasi dicetak seperti bola Rugby, lalu diatasnya diberi omelet setengah matang dengan bentuk yang sama. Saat akan makan, omelet dibelah sampai merekah dan isiannya meleleh, lalu disiram saus demi-glace.

Omurice yang aku buat kali ini adalah Omurice versi dadar tipis. Versi satunya kelihatan tricky banget waktu aku nonton videonya di Youtube. Dan sebenernya gak minat juga dengan telur yang belum matang.

Aku nyoba resep Omurice dari website Just One Cook Book. Resepnya simpel, tapi hasilnya ternyata enak banget. 😍

Resepnya aku modif sesuai ketersediaan bahan (teuteup). Kalau mau lihat resep yang asli, klik judul resep di bawah ini, seperti biasa 😁

Oleh: Namiko Chen

Bahan:

1/2 butir bawang bombay
1 paha ayam tanpa tulang (aku pakai 250 gr ayam)
1 sdm minyak zaitun (aku pakai 4 sdm minyak sayur)
1/2 cup frozen vegetable (aku pakai sawi putih segenggam)
Garam
Lada hitam (aku pakai lada putih)
1 1/2 cup beras short grain yang sudah dimasak (aku pakai sekitar 500 gr nasi matang)
1 sdm saus tomat (aku pakai 3 sachet saus tomat)
1 sdt kecap (aku pakai sedikit)
3 siung bawang putih (tambahan dariku)

Bahan-omurice

Untuk omeletnya (masing-masing bahan dibagi dua untuk dua omelet):
2 butir telur besar
2 sdm susu cair
2 sdm minyak zaitun
6 sdm keju parut (aku gak pakai, diganti garam)

Cara Membuat:

Ayam-direbus

🍳 Rebus ayam sampai matang. Suwir-suwir, sisihkan. (Di resep asli langsung dimasak di wajan).
🍳 Haluskan lada dan bawang putih. Iris bawang bombay. Sisihkan.

Langkah-membuat-nasi-goreng

🍳 Panaskan minyak. Tumis bumbu halus dan bawang bombay sampai matang.
🍳 Masukkan sawi putih dan ayam suwir sampai sawi layu.
🍳 Masukkan saus tomat. Aduk lagi. Masukkan nasi, aduk sampai sausnya rata.
🍳 Tambahkan garam hingga rasanya pas. Beri kecap. Aduk lagi sampai rata. Sisihkan

Sekarang waktunya bikin omeletnya!

Omelet-tipis

🍳 Campur semua bahan omelet (kecuali minyak) di mangkuk. Kocok hingga tercampur rata.
🍳 Nyalakan api kecil. Panaskan wajan. Tuang minyak lalu ratakan. Tuang kocokan telurnya.
🍳 Tunggu sampai kelihatan agak matang, masukkan separuh nasi goreng yang tadi dimasak. Letakkan di tengah omelet.
🍳 Lipat sisi omelet ke arah nasi. Masak sebentar lagi.
🍳 Siapkan piring di atas wajan. Balikkan wajan.
🍳 Dengan bantuan tisu dapur, rapikan bentuk omeletnya. Hias dengan saus tomat. Sajikan selagi hangat.

Jreeng...

Omurice-utuh

Kelihatan enak, kan? #iyain aja 😂

Omurice yang atas itu niatnya pengen ditulisin "love" pakai huruf sambung, tapi saus tomatnya cuma dikit, jadinya gak jelas bentuknya 🤣

Ini aslinya sisa nasinya masih banyak banget. Omeletnya kecil, jadinya cuma muat sedikit. Wajannya kurang besar. Hihihi

Rasanya beneran enak, lho. Di Indonesia memang gak lazim, nasi goreng dibumbuin pake saus tomat, tapi ini surprisingly delicious. 👍

Saat yang paling ditunggu tuh waktu motong omeletnya. Seneng aja lihat isinya berhamburan. Kalo omeletnya pake mozarella, pas dipotong bakalan mulur gitu. Uuuh, gak kebayang nikmatnya 🤤

Omurice-enak

Nasi goreng saus tomat itu biasanya cocok di lidah anak-anak. Perpaduan asam dan manis yang pas bikin anak-anak lahap makannya. Ini bisa jadi alternatif makanan yang cukup lengkap nutrisinya buat anak.

Isian nasinya bisa menyesuaikan selera, lho. Kalau lagi laper tengah malem dan terlalu malas buat "ngurusin" ayam mentah, bisa pakai isian yang lebih praktis seperti sosis, bakso, atau kornet.

Omurice cocok dijadiin variasi bagi pecinta nasi goreng. Sesekali dibikin begini biar gak bosen 😁

Yuk langsung aja cobain resepnya! Nanti share di kolom komentar, ya, pengalamanmu bikin Omurice ini ^^

~~~

Sst, ada yang udah pernah coba bikin Omelet Rice versi kedua? Bikinnya susah gak? Ceritain dong! 😄

6 komentar:

  1. nasi goreng dalam dadar telur gitu ya mbak.

    jangan ngomongin mozzarella ah. bikin laper hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Biar semangat makannya kalau tampilannya agak beda :D

      Hihi...

      Hapus
  2. Asiiik. bookmark ah. Besok-besok aku contek buat sarapan.

    BalasHapus
  3. aku mlh suka bikin nasgor pakr saos tomat enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya malah baru tau kalo ternyata enak :D
      Gak berani nyoba yang gak biasa. Hihi

      Hapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES