Senin, 23 Oktober 2017

[Game Review] プラトモ (PURATOMO): Merakit Miniatur Perabot Rumah

Assalaamu'alaykum!

Pernah gak, sih, kamu beli lemari atau rak buku di Supermarket? Itu lho, yang harganya murah karena terbuat dari serbuk kayu yang dipadatkan.

Aku pernah. Ayahku, sih. 😁
Beliau biasanya beli dalam keadaan belum dirakit kemudian dirakit sendiri di rumah. Karena selalu begitu, jadinya aku gak tau apakah bisa dibawa pulang dalam bentuk utuh atau memang harus dirakit sendiri.

Nah, di game yang mau aku review kali ini, player diminta untuk merakit berbagai perabot rumah. Lebih tepatnya miniatur perabot rumah. Perabotnya macem-macem, mulai dari gantungan payung, rak sepatu, ranjang, jemuran baju, meja rias, kulkas, sampai mobil pun dirakit sendiri, lho 🤣

Game-review-puratomo


Download gamenya di Play Store.
Klik link download yang ada di akhir postingan ini, ya. So, stay tune!

Game ini menggunakan pengantar bahasa Jepang. Tapi tenang aja, gak mesti pintar bahasa Jepang dulu baru bisa main game ini karena game ini simpel banget. ^^

Setelah di download, langsung aja klik iconnya. Tunggu sampai tulisan プラトモ nya muncul.

Puratomo-start

Pernah lihat yang seperti di atas? Mungkin yang suaminya atau saudara laki-lakinya suka main Gunpla sudah sering lihat "lembaran" seperti itu. Bedanya ini bukan part-part robot Gundam melainkan part-part perabot rumah.

Klik start. Kita berpindah ke screen utama.

Puratomo-main-screen

Ada 60 kit perabot yang bisa kita rakit. Masing-masing kitnya digembok dengan gembok perunggu, perak atau emas sesuai tingkat kesulitannya. Perlu kunci yang berwarna sama dengan warna gembok untuk membukanya. Untuk permulaan disediakan satu kunci untuk masing-masing warna. Nanti akan diberi 1 kunci setiap selesai merakit, jadi jangan takut kehabisan kunci lalu gak bisa lanjut.

Pilih satu kit. Nomor 1 dulu aja yang paling gampang :D

Puratomo-door

Part-part yang ada bisa langsung mulai dirakit. Gampang banget mainnya, tinggal drag-and-drop aja. Scroll "lembaran" ke kanan dan kiri untuk mencari part yang sesuai. Kerjakan mulai dari basenya, lalu lanjut sampai selesai. Dikira-kira aja, part ini cocoknya di mana, yang itu pasnya di mana.

Kalau gak cocok atau kurang pas ngarahinnya, partnya bakalan balik sendiri ke "lembaran". Coba terus sampai terpasang, ya 😁

Hint

Bingung, part mana lagi yang harus dipasang selanjutnya? Klik aja button biru muda di pojok kanan atas. Pastiin koneksi internetmu nyala, ya. Setelah video iklan selesai, part beserta bayangan letaknya akan langsung ditampilkan.

Puratomo-incomplete

Muncul gambar kubus kuning kecil? Itu artinya ada part yang belum terpasang di dalam miniaturnya. Contohnya miniatur tempat sabun cair di atas. Sabunnya belum dipasang tapi udah ditutup. Klik tombol biru di sebelahnya untuk undo, drag sabunnya, tutup lagi, deh.

Puratomo-get-key

Nah, kalau udah selesai, kamu akan dapat 1 kunci. Warnanya ngacak, tapi gak akan kejadian, deh, yang namanya kekurangan kunci. Setelah nyelesain kit terakhir, jumlah kuncinya akan tetap sama seperti sebelum mulai main.

Balik lagi ke screen utama. Kit yang sudah selesai akan diberi pita dengan huruf C. Tenang aja, C itu bukan nilai, kok. Aku tebak sih mungkin itu kependekan dari Clear. Soalnya mau seberapa cepat pun aku menyelesaikannya, pasti nongolnya C terus 😄

Continue-playing

Oh iya, kalau kamu belum menyelesaikan rakitanmu karena ada urusan atau mau coba kit lain, kamu bisa, lho, kembali ke screen utama tanpa harus merakit dari awal lagi. Asik banget, kan, jadi gak kerja dua kali?

Miniatur-house

Cek progress mu dengan mengklik tombol gambar rumah di screen utama. Nanti akan muncul rumah dua lantai yang "dibedah". Zoom out untuk melihat lebih dekat. Caranya drag pakai dua jari, ya, seperti biasanya kalau mau nge-zoom apapun di hp. Semua perabot yang sudah selesai dirakit langsung ditempatkan pada posisinya. Klik barangnya untuk lihat animasinya.

Kalau udah selesai semua, rasanya puas sekali. Seneng lihat rumahnya penuh perabot hasil rakitan sendiri. Andai ada versi mainan aslinya, pasti seru banget.

~~~

Gimana menurutmu? Ternyata mudah, ya. Bahasa gak jadi kendala asal mau otak-atik sendiri.

Sudah baca review ini tapi masih bingung? Boleh tanya di kolom komentar, nanti aku bantu :)

Selamat merakit!

~~~

Judul: プラトモ
Kategori: Game, Santai
Developer: G.Gear.inc
Rating Usia: 12+
(the ad maybe inappropriate for children so please turn the data off if you want to give this game to your children)
Stars: 4,7
Besar File: 62,49 MB (ketika sudah "terekstrak" di hp)
Link Download: プラトモ

4 komentar:

  1. Lucu banget game-nya. Ini sih game kesukaan ibu2 ya mbak. Bisa dimainin pas santai2 ataupas nungguin anak sekolah hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget, Mbak. Daripada bengong. Lumayan lihat yg warna-warni. :D

      Hapus

Kindly share your thought here!
Please do not leave any links on the comment section.

Thank you! ^^

COPYRIGHT © 2017 | THEME BY RUMAH ES